Karakteristik Komunikasi Masa

Karakteristik Komunikasi Masa


  Komunikasi massa berbeda dengan komunikas lainnya, seperti komunikasi antarpersona dan komunikasi kelompok. Perbedaan itu mengikuti komponen - komponen yang terlibat, juga proses berlangsungnya komunikasi tersebut.

Karakteristik komunikasi massa adalah sebagai berikut :
   A.    Komunikator Terlembagakan
Ciri komunikasi massa yang pertama adalah komunikatornya. Dengan meningkat kembali pendapatan wright, bahwa komunikasi massa itu melibatkan lembaga, dan komunikatornya tergerak dalam organisasi yang kompleks, mari kita bayangkan secara kornologis proses penyusunan pesan oleh komunikator sampai pesan itu di terima oleh komunikan.

   B.     Pesan Bersifat Umum
Komunikasi massa itu bersifat terbuka, arti komunikasi massa itu ditunjukkan untuk semua orang dan tidak di tunjukan untuk sekelompok orang tertentu.

   C.    Komunikannya Anonim dan Heterogen
Komunikan pada komunikasi massa bersifat anonim dan heterogen. Sedangkan dalam komunikasi massa, komunikator tidak mengenal komunikan (anonim), karena komunikasinya menggunakan media dan tidak tatap muka. Disamping anonim, komunikan komunikasi masssa adalah heterogen, karena terdiri dari berbagai lapisan masyarakat yang berbeda, yang dapat dikelompokan berdasarkan faktor: usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, latar belakang budaya, agama dan tingkat ekonomi .

   D.    Media Massa Menimbulkan Keserampakan
Effendi, seperi dikutip Komala, dalam Karlinah, dkk. (1999) mengartikan keserempakan media massa itu ialah keserampakan kontak dengan sejumlah besar penduduk dalam jarak yang jauh dari komunikator, dan penduduk tersebut satu sama lainya berada dalam keadaan terpisah.
Contohnya acara sinetron : Si Doel Anak Sekolah, yang di tayangkan stasiun televisi RCTI pada setiap hari Senin sore pukul 19.30-20.30 WIB , di tonton oleh jutaan permisa.

   E.     Komunikasi Mengutamakan Isi Ketimbang Hubungan
Setiap komunikasi melibatkan unsur isi dan unsur hubungan sekaligus. Dan pada komunikasi massa, yang penting adalah unsur isi. Dalam komunikasi massa, pesan harus disusun sedemikian rupa berdasarkan sistem tertentu dan disesuaikan dengan karakteristik media massa yang digunakan.

   F.     Komunikasi Massa Bersifat Satu Arah
Karena melalui media massa maka komunikator dan komunikannya tidak dapat melakukan kontak langsung. Komunikator aktif  menyampaikan pesan, komunikan pun aktif menerima pesan, namun diantara keduanya tidak dapat melakukan dialog sebagaimana halnya terjadi dalam komunikasi antarpesona. Dengan demikian, komunikasi massa itu bersifat satu arah.
Contoh : Pemerintah mengirimkan himbauwan berupa pesan singkat melalui sms kepada masyarakat.

G. Stimulasi Alat Indera “Terbatas”
Dalam komunikasi massa, stimulasi alat indera bergantung pada jenis media massa. Pada surat kabar dan majalah, pembaca hanya melihat. Pada siaran radio dan rekaman auditif. Khalayak hanya mendengar, sedangkan pada media televisi dan film, kita menggunakan indera penglihatan dan pendengaran.
Contoh : Pada saat kita mendengarkan radio hanya telinga sebagai alat inderanya. Saat membaca koran kita hanya menggunakan mata sebagai alat inderanya.

H. Umpan Balik Tertunda  (Delayed)
Umpan balik atau feedback merupakan faktor penting dalam bentuk komunikasi apapun. Efektivitas komunikasi seringkali dapat dilihat dari feedback yang disampaikan oleh komunikan.

Fungsi Komunikasi Massa :
ž  Fungsi Informasi
ž  Fungsi Pendidikan
ž  Fungsi memengaruhi
ž  Fungsi Proses Pengembangan Mental
ž  Fungsi Adaptasi Lingkungan
ž  Fungsi Memanipulasi Lingkungan

   a.      Fungsi Informasi
Diartikan bahwa media massa adalah penyebar informasi bagi pembaca, pendengar atau pemirsa. Berbagai informasi dibutuhkan oleh khalayak media massa yang bersangkutan sesuai dengan kepentingan khalayak. Khalayak sebagai manusia sosial akan selalu merasa haus informasi tentang segala sesuatu yang terjadi di sekitarnya.
Contoh : Stasiun televisi, radio dan koran memberitakan tentang kecelakaan pesawat Air Asia.

   b.      Fungsi Pendidikan
Media massa merupakan sarana pendidikan bagi khalayaknya. Karena media massa banyak menyajikan hal - hal yang sifatnya mendidik. Salah satu cara mendidik yang dilakukan media massa adalah melalui pengajaran nilai, etika,  serta aturan - aturan yang berlaku kepada pemirsa atau pembaca.
Contoh : Acara Rangking 1 TransTV adalah salah satu acara yang mendidik.

   c.       Fungsi Memengaruhi
Fungsi memengaruhi dari media massa secara implisit terdapat pada tajuk/editorial, features, iklan artikel. Khalayak dapat terpengaruh oleh iklan - iklan yang ditayangkan televisi ataupun surat kabar.
Contoh : Iklan Telkosel AS mempengaruhi kita agar membeli dan menggunakan Telkomsel AS sebagai kartu handphone kita.

   d.      Fungsi Proses Pengembangan Mental
Untuk mengembangkan wawasan, kita membutuhkan berkomunikasi dengan orang lain. Dengan berkomunikasi, manusia akan bertambah pengetahuannya dan berkembang intelektualitasnya. Hal tersebut diperoleh dari pengalaman pribadinya dan orang lain. Pengalaman dapat membantu manusia untuk memahami betapa besar ketergantungan manusia pada komunikasi, karena komunikasi dapat membantu manusia dalam perkembangan mentalnya.
Contoh : Bertukar pikiran dengan teman.

   e.       Fungsi Adaptasi Lingkungan
Proses komunikasi membantu manusia dalam proses menyesuaikan diri dengan dunianya untuk bertahan hidup. Proses pengiriman pesan oleh komunikator dan penerima pesan oleh komunikan dapat membantu kita dalam berhubungan dengan orang lain, saling menyesuaikan diri, sehingga menimbulkan kesamaan di antara komunikator dengan komunikan.
Contoh : Masuk ke dalam suatu organisasi dan berteman dengan semua anggota yang ada di organisasi tersebut.

   f.       Fungsi Memanipulasi Lingkungan
Memanipulasi lingkungan artinya berusaha untuk memengaruhi. Setiap orang berusaha untuk saling memengaruhi dunia dan orang -  orang yang berada di sekitarnya. Dalam fungsi manipulasi, komunikasi digunakan sebagai alat kontrol utama dan pengaturan lingkungan.  
Contoh : Memberitahu orang agar memilih partai yang kita dukung. 

Note : Buat kalian yang mau ambil materi ini untuk tugas kalian silahkan tapi tolong jangan hanya di copy cat saja, tapi pelajari materinya agar kalian memahami apa yang akan kalian kerjakan.
Semoga bermanfaat ^^


Help coment & share, terimakasih ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

List and Link Program with I.O.I Eng Sub/Indo Sub

Cara Mendaftar Menjadi Member Innisfree Dan Mendapatkan Member Card

Demokrasi Pada Masa Orde Lama