Karakteristik Komunikasi Masa
Karakteristik Komunikasi
Masa
Komunikasi
massa berbeda dengan komunikas lainnya, seperti komunikasi antarpersona dan komunikasi kelompok. Perbedaan itu mengikuti komponen - komponen yang terlibat,
juga proses berlangsungnya komunikasi tersebut.
Karakteristik
komunikasi massa adalah sebagai berikut :
A.
Komunikator Terlembagakan
Ciri
komunikasi massa yang pertama adalah komunikatornya. Dengan meningkat kembali
pendapatan wright, bahwa komunikasi massa itu melibatkan lembaga, dan
komunikatornya tergerak dalam organisasi yang kompleks, mari kita bayangkan
secara kornologis proses penyusunan pesan oleh komunikator sampai pesan itu di
terima oleh komunikan.
B.
Pesan Bersifat Umum
Komunikasi
massa itu bersifat terbuka, arti komunikasi massa itu ditunjukkan untuk semua
orang dan tidak di tunjukan untuk sekelompok orang tertentu.
C.
Komunikannya Anonim dan Heterogen
Komunikan
pada komunikasi massa bersifat anonim dan heterogen. Sedangkan dalam komunikasi
massa, komunikator tidak mengenal komunikan (anonim), karena komunikasinya
menggunakan media dan tidak tatap muka. Disamping anonim, komunikan komunikasi
masssa adalah heterogen, karena terdiri dari berbagai lapisan masyarakat yang
berbeda, yang dapat dikelompokan berdasarkan faktor: usia, jenis kelamin, pendidikan,
pekerjaan, latar belakang budaya, agama dan tingkat ekonomi .
D.
Media
Massa Menimbulkan Keserampakan
Effendi, seperi dikutip Komala, dalam Karlinah, dkk.
(1999) mengartikan keserempakan media massa itu ialah keserampakan kontak
dengan sejumlah besar penduduk dalam jarak yang jauh dari komunikator, dan
penduduk tersebut satu sama lainya berada dalam keadaan terpisah.
Contohnya acara sinetron : Si Doel Anak Sekolah,
yang di tayangkan stasiun televisi RCTI pada setiap hari Senin sore pukul
19.30-20.30 WIB , di tonton oleh jutaan permisa.
E. Komunikasi
Mengutamakan Isi Ketimbang Hubungan
Setiap
komunikasi melibatkan unsur isi dan unsur hubungan sekaligus. Dan pada
komunikasi massa, yang penting adalah unsur isi. Dalam komunikasi massa, pesan
harus disusun sedemikian rupa berdasarkan sistem tertentu dan disesuaikan
dengan karakteristik media massa yang digunakan.
F. Komunikasi
Massa Bersifat Satu Arah
Karena
melalui media massa maka komunikator dan komunikannya tidak dapat melakukan
kontak langsung. Komunikator aktif
menyampaikan pesan, komunikan pun aktif menerima pesan, namun diantara
keduanya tidak dapat melakukan dialog sebagaimana halnya terjadi dalam
komunikasi antarpesona. Dengan demikian, komunikasi massa itu bersifat satu
arah.
Contoh
: Pemerintah mengirimkan himbauwan berupa pesan singkat melalui sms kepada
masyarakat.
G.
Stimulasi Alat Indera “Terbatas”
Dalam
komunikasi massa, stimulasi alat indera bergantung pada jenis media massa. Pada
surat kabar dan majalah, pembaca hanya melihat. Pada siaran radio dan rekaman
auditif. Khalayak hanya mendengar, sedangkan pada media televisi dan film, kita
menggunakan indera penglihatan dan pendengaran.
Contoh
: Pada saat kita mendengarkan radio hanya telinga sebagai alat inderanya. Saat
membaca koran kita hanya menggunakan mata sebagai alat inderanya.
H.
Umpan Balik Tertunda (Delayed)
Umpan
balik atau feedback merupakan faktor penting dalam bentuk komunikasi apapun.
Efektivitas komunikasi seringkali dapat dilihat dari feedback yang disampaikan
oleh komunikan.
Fungsi
Komunikasi Massa :
Fungsi Informasi
Fungsi Pendidikan
Fungsi memengaruhi
Fungsi Proses Pengembangan Mental
Fungsi Adaptasi Lingkungan
Fungsi Memanipulasi Lingkungan
a. Fungsi
Informasi
Diartikan
bahwa media massa adalah penyebar informasi bagi pembaca, pendengar atau
pemirsa. Berbagai informasi dibutuhkan oleh khalayak media massa yang
bersangkutan sesuai dengan kepentingan khalayak. Khalayak sebagai manusia
sosial akan selalu merasa haus informasi tentang segala sesuatu yang terjadi di
sekitarnya.
Contoh
: Stasiun televisi, radio dan koran memberitakan tentang kecelakaan pesawat Air
Asia.
b. Fungsi
Pendidikan
Media
massa merupakan sarana pendidikan bagi khalayaknya. Karena media massa banyak
menyajikan hal - hal yang sifatnya mendidik. Salah satu cara mendidik yang
dilakukan media massa adalah melalui pengajaran nilai, etika, serta aturan - aturan yang berlaku kepada
pemirsa atau pembaca.
Contoh
: Acara Rangking 1 TransTV adalah salah satu acara yang mendidik.
c. Fungsi
Memengaruhi
Fungsi memengaruhi
dari media massa secara implisit terdapat pada tajuk/editorial, features, iklan
artikel. Khalayak dapat terpengaruh oleh iklan - iklan yang ditayangkan
televisi ataupun surat kabar.
Contoh
: Iklan Telkosel AS mempengaruhi kita agar membeli dan menggunakan Telkomsel AS
sebagai kartu handphone kita.
d. Fungsi
Proses Pengembangan Mental
Untuk
mengembangkan wawasan, kita membutuhkan berkomunikasi dengan orang lain. Dengan
berkomunikasi, manusia akan bertambah pengetahuannya dan berkembang intelektualitasnya.
Hal tersebut diperoleh dari pengalaman pribadinya dan orang lain. Pengalaman
dapat membantu manusia untuk memahami betapa besar ketergantungan manusia pada
komunikasi, karena komunikasi dapat membantu manusia dalam perkembangan mentalnya.
Contoh
: Bertukar pikiran dengan teman.
e. Fungsi
Adaptasi Lingkungan
Proses
komunikasi membantu manusia dalam proses menyesuaikan diri dengan dunianya
untuk bertahan hidup. Proses pengiriman pesan oleh komunikator dan penerima
pesan oleh komunikan dapat membantu kita dalam berhubungan dengan orang lain,
saling menyesuaikan diri, sehingga menimbulkan kesamaan di antara komunikator
dengan komunikan.
Contoh
: Masuk ke dalam suatu organisasi dan berteman dengan semua anggota yang ada di
organisasi tersebut.
f. Fungsi
Memanipulasi Lingkungan
Memanipulasi
lingkungan artinya berusaha untuk memengaruhi. Setiap orang berusaha untuk
saling memengaruhi dunia dan orang -
orang yang berada di sekitarnya. Dalam fungsi manipulasi, komunikasi
digunakan sebagai alat kontrol utama dan pengaturan lingkungan.
Contoh
: Memberitahu orang agar memilih partai yang kita dukung.
Note : Buat kalian yang mau ambil materi ini untuk tugas kalian silahkan tapi tolong jangan hanya di copy cat saja, tapi pelajari materinya agar kalian memahami apa yang akan kalian kerjakan.
Semoga bermanfaat ^^
Help
coment & share, terimakasih ^^
Komentar
Posting Komentar
Silahkan berkomentar dengan baik dan bijak