Sel Kanker

Pendahuluan
            Istilah kanker berasal dari bahasa latin yang artinya adalah kepiting. Penyakit keganasan, kanker, diibaratkan seperti capit-capit lengan kepiting oleh seorang Hippocrates, yang mengamati bahwa penyakit kanker dapat menyebar didalam tubuh dan biasanya berakhir pada kematian.



Sel Kanker
Kanker (istilah medis: neoplasma ganas) adalah kelas penyakit yang sekelompok sel layar''pertumbuhan tidak terkendali''(divisi luar batas normal), invasi''(intrusi dan Kerusakan jaringan di sekitarnya), dan kadang Kadang metastasis (menyebar ke lokasi lain dalam tubuh melalui getah bening atau darah).

Penyebab Kanker
    Kanker disebabkan oleh kelainan pada materi genetik dari sel-sel berubah. Kelainan ini mungkin karena efek karsinogen, seperti asap rokok, radiasi, bahan kimia, atau agen infeksius. Kanker mempromosikan lain kelainan genetik mungkin secara acak diperoleh melalui kesalahan dalam replikasi DNA, atau diwariskan, dan dengan demikian hadir di semua sel - sel dari lahir.

Pembagian Kanker
            Kanker atau Neoplasma ganas terbentuk atau berasal dari sel normal yang mengalami displasia (kelainan pertumbuhan).
Neoplasma itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu:
1. Neoplasma Jinak (Benigna)
            Yaitu neoplasma yang hanya terjadi di daerah lokal semata. Proliferasi sel cenderung kohesif, perluasan terjadi secara sentrifugal dengan batas yang nyata. Neoplasma jinak tidak menyebar ke tempat yang jauh dan pertumbuhannya lamban, ukurannya kurang lebih tetap pada ukuran yang stabil selama berbulan - bulan atau bertahun - tahun.
Ciri - ciri :
-          Batas tegas.
-          Berkapsul.
-          Pertumbuhan lambat.
-          Tidak menimbulkan kematian.

2. Neoplasma Ganas (Maligna)
            Neoplasma ini tumbuh secara cepat dan sangat progresif jika tidak dibuang. Pola penyebarannya menjadi tidak teratur. Neoplasma ganas tidak memiliki kapsul sehingga sulit dipisahkan dari sekitarnya. Sel-sel ini menyerang daerah sekitarnya dengan masuk ke daerah sekitarnya bukan mendesak. Sel-sel neoplasma ganas ini mampu memisahkan diri dari sel induk dan memasuki sirkulasi untuk menyebar ke daerah lain. Jika sel ini menyangkut suatu jaringan atau organ mampu menembus pembuluh darah dan membentuk tumor sekunder (proliferasi baru).
Ciri - ciri :
-          Batas tidak tegas.
-          Tidak berkapsul.
-          Pertumbuhan cepat.
-          Metastase.
-          Menimbulkan kematian.

Mekanisme Pertumbuhan Sel Kanker
1. Dalam kanker dikenal istilah yang namanya karsinogenesis. Proses karsinogenesis adalah suatu proses perubahan menjadi kanker, proses ini melalui dua tahapan yaitu proses inisiasi dan proses promosi.
2. Pada tahap inisiasi, zat penimbul kanker mulai beraktivitas mengubah susunan DNA fungsional. akibat adanya aktivitas ini maka terjadilah yang namanya mutasi gen, sehingga menyebabkan gen berbeda dengan sebelumnya. Nah gen yang berfungsi untuk menekan/menahan pertumbuhan tumor (P53) mengalami perubahan dan tidak berfungsi lagi. Nah kalau sudah mengalami perubahan maka tidak ada lagi yang menahan pertumbuhan sel kanker.
3. Diikuti dengan tahap promosi, pada tahap ini berlangsung tiga proses yaitu diantaranya floriferasi, metastasis, dan neoangiogenesis. Pada proses floriferasi fase sel mengalami pengulangan siklus sel tanpa hambatan dan secara continue terus mengulang. diteruskan dengan proses metastasis dimana penyebab utama dari kenaikan morbiditas dan mortalitas pada pasien dengan keganasan.

Berlangsungnya Proses Sel Kanker

            Melibatkan interaksi kompleks, tidak hanya ditentukan oleh jenis sel kanker itu sendiri, namun matriks ekstraseluler, membran basal, reseptor endotel serta respon kekebalan host yang berpartisipasi. mekanisme metastasis merupakan indikasi bahwa host pertahanan mechanims pasien kanker gagal untuk mengatasi dan memblokir penyebaran sel kanker. Setelah itu terjadi lagi proses neoangiogenesis.


Note : Buat kalian yang mau ambil materi ini untuk tugas kalian silahkan tapi tolong jangan hanya di copy cat saja, tapi pelajari materinya agar kalian memahami apa yang akan kalian kerjakan.


Help coment & share, terimakasih ^^
Semoga bermanfaat ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

List and Link Program with I.O.I Eng Sub/Indo Sub

Cara Mendaftar Menjadi Member Innisfree Dan Mendapatkan Member Card

Demokrasi Pada Masa Orde Lama