Orang Kreatif

Hi..
Sekarang mumu akan bahas tentang orang kreatif

Kenapa kita sulit mencari orang kreatif di Indonesia?
Itu merupakan permasalahan klasik yang sudah ada sejak lama tapi hingga sekarang jawaban dari permasalahan tersebut belum terpecahkan secara keseluruhan. Ada yang berkata kurangnya lapangan pekerjaan di Indonesia, tawaran kerja diluar negeri lebih menjanjikan, dan lain sebagainya. Seperti yang dikatakan oleh Sekertaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ukus Kuswara “Banyak dari mereka yang mendapatkan tawaran keluar negeri. Karena itu, regulasi pendukung menurutnya penting untuk mencegah hal itu terjadi demi mendorong pengembangan ekonomi kreatif.” Seperti yang dikatakan oleh beliau, sangat penting untuk mencegah dan mempertahankan orang – orang kreatif di Indonesia agar tidak bekerja di luar. Banyak orang Indonesia yang mau bekerja diluar karena dari segi pendapatan, fasilitas, sarana dan prasarana akan terpenuhi dengan lebih. Beberapa anak asli Indonesia sudah mengharumkan namanya di kancah internasional sebut saja Sandy Sandoro dan Anggun C. Sasmi yang mendunia dengan musiknya, BJ Habibie dibidang aeronautika (ilmu tentang aspek – aspek yang berkaitan dengan pesawat terbang), Johny Setiawan di bidang astronomi, Tex Saverio dibidang fashion dan masih banyak lagi. Akan sangat rugi jika anak bangsa yang kreatif seperti mereka tidak mendapatkan apresiasi dari negaranya sendiri justru mereka akan disambut dengan tangan terbuka di negara orang. Saat ini Indonesia sudah banyak melepas orang – orang kreatif yang berhasil membuat negara tempat dimana ia berkerja maju pesat berkat usahanya tapi sangat berbanding terbalik dengan Indonesia negara asalnya yang sangat lambat perkembangannya.
Ada tujuh isu strategis yang menjadi potensi sekaligus tantangan yang perlu mendapatkan perhatian. Salah satu isu tersebut yaitu ketersediaan sumber daya kreatif. Sumber daya kreatif merupakan slah satu inti dari permasalah ini karena banyaknya orang – orang kreatif yang bekerja diluar sana yang tidak di berikan wadah dan biaya untuk menunjang mereka agar bisa mengembangkan kreatifitasnya sehingga mereka bisa dengan leluasa mengembangkan apa yang ia miliki. Banyak investor di luar sana yang lebih mempercayakan orang asing, orang – orang yang memegang sarjana dengan ipk tinggi, lulusan luar negeri dan pengalaman kerja yang sudah tidak diragukan lagi yang mereka rekrut. Padahal untuk menemukan orang kreatif tidak selalu harus di lihat dari latar belakangnya tapi skill dan nilai jual yang ia hasilkan juga menjadi perhitungan. Banyak orang diluar sana yang berhasil tanpa harus mengenyam bangku sekolah, tapi bukan berarti kita tidak perlu sekolah. Sekolah itu diperlukan untuk menerima pengetahuan yang nanti kita bisa gunakan saat kita sudah lulus dan menghadapi dunia kerja. Perlunya dukungan dari banyak pihak agar semua orang mendapatkan pendidikan yanglayak sehingga mereka bisa mengembangkan potensial yang ada pada dirinya. Seharusnya pemerintah bekerja sama dengan instalansi yang terkait untuk mengangkat dan menjadikan isu ini penting, karena bagaimanapun juga industri kreatif sangat dibutuhkan untuk kemajuan bangsa dari segi dan bidang manapun. Akan sangat baik jika para orang – orang kreatif ini untuk kembali ke Indonesia dan pemerintah memberikan ruang, tempat dan dana yang memadai agar mereka bisa mengembangkan ide kreatif mereka untuk memajukan Indonesia.
Sayangnya hingga saat ini belum ada pergerakan yang aktif dari pemerintah untuk memajukan industri kreatif dan memperdayakan orang kreatif dalam negeri masih belum maksimal dan hanya selalu menjadi wacana.
Apakah semua manusia silahirkan kreatif?
Iya, tentu saja setiap orang di dunia ini terlahir kreatif. Kreatif tidak hanya terdapat pada orang – orang tertentu yang mempunyai bakat tertentu sehingga dikatakan kreatif atau dari garis keturunan. Kreatif itu pada dasarnya dimiliki oleh seluruh umat manusia sejak lahir. Orang kreatif tidak harus disematkan hanya kepada seniman atau orang tertentu saja baru dia akan dikatakan kreatif. Orang kreatif itu tidak hanya ditempatkan di satu bidang saja, tapi di seluruh bidang. Setiap orang memang kreatif tapi dengan kemampuan yang berbeda – beda. Menurut Dr. Howard Gardner dari Harvard University dalam buku 7 kecerdasan, di dalam buku tersebut di jelaskan bahwa ada tujuh jenis kecerdasan yaitu kecerdasan linguistik, kecerdasan logika/matematika, kecerdasan musik, kecerdasan spesial, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal. Tapi pada tahun 1990-an, Howard Gardner menemukan kecerdasan yang kedelapan yaitu kecerdasan natural/alam. Setiap orang pasti memiliki entah satu, dua atau tiga yang mereka kuasai dalam delapan jenis kecerdasan tersebut yang bisa mereka ketahui dan bisa mereka kembangkan dan mereka asah dengan baik agar kreatifitas mereka bisa terus berjalan dan membantu dalam kehidupan mereka. Hal ini menunjukan bahwa setiap orang memiliki porsinya masing – masing. Kita harus bisa mengembangkan kreatifitas kita dengan menciptakan sebuah karya dalam berbagai banyak bentuk yang nantinya itu akan memacu kita untuk bisa berbuat lebih banyak untuk menciptakan karya – karya selanjutnya.

Kenapa manusia harus kreatif?
Manusia sejak lahir sudah dianugrahi kreatifitas jadi setiap orang pada dasarnya kreatif. Dengan kreatifitas itu kita bisa membangun sebuah ide yang bisa menghasilkan sebuah karya yang kita bisa jual dan bisa menjadi pekerjaan kita. Setiap orang harus bisa mengasa kreatifitasnya dengan caranya sendiri dan kreatifitas itu sendiri berkembang. Saat ini banyak orang yang masih beranggapan kalau kreatifitas itu hanya dimiliki oleh orang tertentu saja, padahal setiap orang di dunia ini memiliki kreatifitasnya sendiri – sendiri. Kita ambil contoh saja seorang filsafat, seorang filsafat pasti memiliki kemampuan untuk memahami perasaan diri sendiri, gemar merenung dan berfilsafat dan pasti hal itu dia lakukan dengan menggunakan kreatifitas yang ia miliki untuk menciptakan sebuah filsafah. Kita coba untuk mengambil contoh yang lain penari atau dancer mereka sangat pintar dalam menggerakan tubuh mereka dan untuk menciptakan sebuah gerakan pasti ia memerlukan sebuah ide, sebuah pemikiran yang ia amnil dari sekitarnya dan itu juga memerlukan yang namanya kreatifitas. Di jaman modern seperti ini bukan orang memiliki otak pintar dan cerdas saja yang diperlukan tapi juga kreatifitas yang tinggi juga di perlukan untuk bisa membuat inivasi – inovasi terbaru untuk bisa unggul dalam dunia kerja. Disaat seperti ini kreatifutas yang kita miliki bisa menjadi peliuang kita untuk bisa masuk dalam dunia kerja ataubahkan yang lebih baik bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. Cara untuk kita agar kreatifitas yang kita punya kita harus memiliki jaringan yang luas untuk memasarkan ide kita dan kita juga harus bisa menempatkan dimana tempat yang bagus untuk memasarkan produk kreatif kita dan menjadikan produk yang kita miliki menjadi nilai jual yang tinggi. Cara untuk mengasah kreatifitas kita dengan cara mencoba mencari inspirasi untuk ide kita dengan meliat kejadian – kejadian atau pengalan yang bisa kita jadikan sebagai produk untuk kreatifitas kita.

Note : Buat kalian yang mau ambil materi ini untuk tugas kalian silahkan tapi tolong jangan hanya di copy cat saja, tapi pelajari materinya agar kalian memahami apa yang akan kalian kerjakan.

Semoga bermanfaat ^^

Help coment & share, terimakasih ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

List and Link Program with I.O.I Eng Sub/Indo Sub

Cara Mendaftar Menjadi Member Innisfree Dan Mendapatkan Member Card

Demokrasi Pada Masa Orde Lama