Google Doodle Bartolomeo Cristofori


Jika kamu suka dengan alat musik piano maka kamu harus tau bahwa penemu piano lahir pada hari ini. Bartolomeo Cristofori adalah penemu piano yang sekarang menghiasi Google Doodle. Bartolomeo Cristofori lahir pada 4 Mei 1655 dan wafat pada 27 Januari 1731. 

Dalam riwayatnya tidak banyak yang mengetahui masa kecil pria kelahiran Francesco, Italia ini. Tapi namanya mulai melambung saat ia berusia 33 tahun, saat itu Bartolomeo Cristofori direkrut oleh Prince Ferdinando de Medici, seorang penggila musik yang merupakan pewaris Cosimo III.

Bartolomeo Cristofori  mulai membuat alat musik bernama piano pada tahun 1700. Awalnya, alat musik temuan Cristofori yang memiliki suara empat oktaf tersebut dikenal sebagai pianoforte, namun lambat laun temuan Cristofori itu lebih sering disebut dengan nama piano. Seorang jurnalis bernama Scipione Maffei menyebut bahwa alat musik temuan Cristofori tersebut sebagai gravecembalo col piano e forte atau berarti harpsichord dengan tuts lembut namun memiliki suara yang cukup keras.

Saat ini dikabarkan ada tiga piano asli buatan Cristofori yang masih tersimpan di Metropolitan Museum of Art (Amerika Serikat), Museo Strumenti Musicali Roma (Italia) dan Musikinstrumen - Meseum of Leipzig University (Jerman).

Cristofori berpatut bangga karena temuannya tersebut kini menjadi salah satu alat musik yang digemari oleh banyak masyarakat. Melalui alat yang diciptakannya banyak terlahir pianis - pianis hebat yang bermunculan karena keterampilan jarinya memainkan tuts piano.




Help coment & share, terimakasih ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

List and Link Program with I.O.I Eng Sub/Indo Sub

Cara Mendaftar Menjadi Member Innisfree Dan Mendapatkan Member Card

Demokrasi Pada Masa Orde Lama